Kebun Raya Cibodas

Kebun Raya Cibodas

Kebun Raya Cibodas adalah Kebun Raya yang memiliki luas 84.99 Hektar dengan ribuan koleksi tumbuhan yang membuat udara sejuk dengan suasana alam yang indah maupun asri. Struktur tanah yang bergelombang dengan ciri khas berbukit menjadikan Kabun Raya Cibodas sebagai salah satu tujuan wisata unggulan bagi wisatawan lokal maupun wisatawan luar negeri.

Kebun Raya Cibodas terletak di kawasan kaki Gunung Gede Pangrango dengan ketinggian kurang lebih 1.300 s/d 1.425 mtr diatas permukaan laut dan bersuhu udara 17 s/d 27 derajat celcius dengan kelembaban 80,82%, tepat nya beralamat di desa cimacan, Kecamatan Cipanas, , Kabupaten Cianjur, Provinsi Jawa barat.

Sejarah Singkat Kebun Raya Cibodas

Kebun Raya Cibodas didirikan pada 11 april 1852 oleh Johannes Elias Teijsman, beliau adalah seorang ahli botani yang lahir di Arnhem,1 Juni 1808 berkebangsaan Belanda,Berbekal pengalaman sebagai direktur di Kebun Raya Bogor pada tahun 1830, maka beliau berinisiatif membuka cabang dari Kebun Raya Bogor pada lokasi di kaki Gunung Gede dengan nama Bergtuin te Tjibodas (Kebun Pegunungan Cibodas). Pada awalnya ditujukan sebagai tempat aklimatisasi jenis-jenis tumbuhan asal luar negeri yang mempunyai poin penting dan ekonomi yang tinggi, salah satunya yakni Pohon Kina (Cinchona calisaya). Tapi pohon tersebut tak sesuai dikarnakan keadaan tanah di kebun raya Cibodas dengan curah hujan 2.380 mm per tahun dan temperatur rata-rata 18 derajat Celsius, alhasil kebun botani ini dikhususkan bagi koleksi tumbuhan dataran tinggi basah tropika, seperti berjenis tumbuhan runjung dan paku-pakuan. Nah dari sejarah itu lah pada tanggal 11 April di jadikan Hari jadi Kebun Raya Cibodas, dan setiap tahun nya di tanggal tersebut pengunjung dapat masuk tanpa harus membayar tiket dikarenakan pihak pengelola biasanya menggratiskan tiketnya.

Mulai tahun 2003 sampai kini status Kebun Raya Cibodas menjadi lebih mandiri sebagai Unit Pelaksana Teknis Balai Konservasi Tumbuhan Kebun Raya Cibodas di bawah Pusat Konservasi Tumbuhan Kebun Raya Bogor dalam kedeputian Ilmu Pengetahuan Hayati Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI).

Fasilitas di Kebun Raya Cibodas

Bagi yang ingin berwisata ke kebun Raya Cibodas dengan cara Rombongan ,jangan khawatir karena terdapat area parkir yang sangat luas yang mampu menampung ratusan bus yang letaknya berada di luar pintu masuk Kebun Raya Cibodas. Untuk kendaraan roda empat dan roda dua, area parkir disediakan didalam kawasan Kebun Raya Cibodas. Namun ini cuma untuk kunjungan dihari kerja. Sedangkan untuk hari libur dan tanggal merah, seluruh jenis kendaraan diparkirkan di luar Kebun Raya Cibodas. Fasilitas pendukung lainnnya antara lain terdapat Wisma bagi yang mau menginap, loket karcis, ruang pusat informasi, sejumlah toilet dan gazebo yang tersebar di beberapa titik, musholla, shelter, bak sampah, penunjuk arah, peta wilayah, dan stand jajanan.

Ada satu fasilitas lagi yang terbilang baru di Kebun Raya Cibodas yaitu Wara Wiri. Wara Wiri yakni fasilitas berupa kendaraan mini bis yang telah dimodifikasi sedemikian rupa yang berfungsi sebagai kendaraan angkut bagi para pengunjung untuk menjelajahi wilayah Kebun Raya Cibodas. Untuk memakai fasilitas ini, pengunjung akan dikenakan karcis khusus wara wiri sebesar Rp. 10.000,-/ orang untuk satu kali putaran (jalan).

Taman di Kebun Raya Cibodas

Kebun Raya Cibodas ditujukan sebagai tempat koleksi ex situ (di luar habitat) bagi tumbuh-tumbuhan tropis basah dataran tinggi. diantaranya yakni beraneka jenis pohon besar yang dilindungi seperti tusam dan tumbuhan runjung, tumbuhan paku pegunungan, hutan kaliandra, hutan alam. Namun,dengan luas area lebih dari 84 hektar kebun raya cibodas pun kini sudah memiliki Beragam obyek tamasya yang bisa di nikmati,diantaranya yakni taman dan koleksi tumbuhan nya.

  1. Taman Paku – Pakuan

Taman ini difungsikan untuk mengkoleksikan beraneka jenis tanaman paku-pakuan. Taman ini sudah ada di Cibodas sejak pemerintahan Belanda. Koleksi yang ada kurang lebih 34 jenis yang berasal dari berbagai negara. Selain sebagai tanaman hias, jenis paku-pakuan juga bisa dimanfaatkan sebagai obat, media tanam, serta bisa dikonsumsi sebagai bahan makanan (sayuran).

2. Taman Sakura

Taman Sakura Cibodas sudah di buat pada bulan Maret 2007 sampai dengan Desember 2007 yang di bangun seluas 6.647 M² dengan tujuan untuk memperkaya taman tematik yang ada di Kebun Raya Cibodas. Ada 7 jenis Sakura yang sudah menjadi koleksi Kebun Raya Cibodas,Namun koleksi Sakura di Taman tersebut setidaknya ada lima jenis atau variasi yang berada di Taman itu, yakni Prunus cerasoides, Prunus yedoensis, Prunus yamasakura, Prunus lannesiana dan Prunus sp. Taman Sakura terletak di bawah Taman Rhododendron di sebelah jalan air dan dekat dengan air terjun Cibogo. Taman yang di tengahnya mengalir sungai yang cukup jernih ini menjadi tempat unggulan dan benar-benar digemari oleh anak- anak dan wisatawan mancanegara.

3. Taman Rhododendron

Taman ini mulai dibangun dan diresmikan pada tahun 2002 atas Inisiator dari Eks Kepala Kebun Raya Cibodas Drs. R. Subekti Purwantoro yang pada saat itu masih menjabat sebagai Kepala Kebun Raya Cibodas dengan luas 5000 m2. Taman ini pada awalnya dibangun untuk mengoleksikan bermacam-macam tanaman Rhododendron yang ada di Kebun Raya Cibodas yang berasal dari berbagai tempat dan Negara. dikala itu ada 3 jenis Rhododendron yang ditanam yaitu Rhododendron javanicum dari Jawa, Rhododendron macgregoriae dari Papua dan Rhododendron mucronatum dari Jepang.

4. Taman Lumut

Taman Lumut ini mulai dibangun pada tahun 2004 dan mulai diresmikan pada tahun 2006. Dinamakan taman lumut sebab taman ini difungsikan untuk mengkoleksikan bermacam-macam jenis lumut. Koleksi lumut yang ada di Cibodas pada saat ini mencapai kurang lebih 235 macam yang 80% nya berasal dari Cibodas. Luas taman ini kurang lebih 1300 M². Taman ini yaitu taman lumut terbesar dan terluas di Indonesia,selain itu Taman ini menjadi taman lumut terbuka terbesar di dunia yang difungsikan untuk penelitian dan pendidikan. Lumut yang ada di taman ini terbagi menjadi tiga kategori, yaitu lumut hati (Hepaticopsida), lumut tanduk (Anthocerotopsida), dan lumut sejati (Bryopsida).

5. Taman Liana

Taman Tematik Liana merupakan taman terkini yang dimiliki oleh Kebun Raya Cibodas. Peresmian taman ini telah berlangsung pada 11 April 2017 berbarengan dengan perayaan ulang tahun ke-165 Kebun Raya Cibodas.
Taman Liana berisi koleksi tanaman merambat yang ditata sesuai dengan nilai estetikanya. Taman ini dipenuhi dengan koleksi tumbuhan liana, yaitu tumbuhan yang tumbuh memanjat pada tumbuhan lain atau panjatan buatan manusia yang lebih besar atau lebih tinggi, dalam upaya mendapatkan sinar matahari, tetapi akarnya tetap berada di dalam tanah sebagai sarana untuk mendapatkan makanan.

kecuali koleksi taman di atas kebun Raya Cibodas malahan memiliki Rumah kaca yang didalam nya terdapat koleksi tanaman kaktus,koleksi tanaman yang langka di Kebun Raya cibodas lainnya seperti koleksi bunga bangkai,koleksi tanaman Nepenthes dan koleksi tanaman obat.

Harga Tiket Kebun Raya Cibodas

Update pertanggal 02 Juni 2019

Pengunjung Week-Day Week-End
Wisatawan Domestik Rp. 16.500,- / Orang Rp. 16.500,- / Orang
Kendaraan Roda Dua Rp. 5.000,- / Motor Rp. 5.000,- / Motor
Kendaraan Roda Empat Rp. 16.000,- / Mobil Rp. 16.000,- / Mobil

Catatan :

  • Hari Sabtu, Minggu & Libur Nasional adalah Weekend
  • Harga di atas berlaku untuk durasi 1 hari 

Untuk menuju lokasi, Bila anda beranjak dari jakarta, bogor dengan berpatokan melewati puncak pass ( Mesjid atta\’aun) – terus menuju arah cipanas dan berhenti di simpang tiga Cibodas belok ke arah kanan menuju kebun raya cibodas, jika anda beranjak dari Bandung, Cianjur, Sukabumi dengan berpatokan melalui istana presiden cipanas – pasar cipanas terus menuju arah puncak bogor dan berhenti di simpang tiga cibodas. Bila menggunakan bis atau colt turunlah di pertigaan Cibodas, lalu dari pertigaan Cibodas langsung memakai angkutan umum rute Cipanas-Rarahan-Cibodas, sampai di Balai Taman Nasional Gede-Pangrango, berikutnya tinggal berjalan kaki menuju Kebun Raya Cibodas.

[google_map_embed src=”” height=”450″]

Dari simpang tiga Cibodas menuju Cibodas, di kiri kanan jalan dijual bermacam-macam tanaman hias khusus tempat pegunungan yang amat cantik, warna-warni dan berbagai jenisnya.

Jadi tunggu apalagi, langsung berkunjung ke Kebun Raya Cibodas dan nikmati keindahan Alam yang tak akan mudah terlupakan . Sekiranya Anda ingin merasakan keindahan Kebun Raya Cibodas berombongan dengan sahabat kantor atau kelompok sosial silahkan gunakan paket wisata kebun raya cibodas dari kami.
Bila ada pertanyaan, jangan sungkan silahkan kontak kami.

Sending
User Review
0 (0 votes)

Add Comment

Click here to post a comment

Info Booking & Survei

Telepon     : 0878 2012 9260
WhatsApp : 0878 2012 9260
Email  : Savannacamp7@gmail.com

Featured

WhatsApp Kami Disini